Inilah Sekilas Silsilah Nabi Khaidir

Inilah Sekilas Silsilah Nabi Khaidir


Bismillah, Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa Nabi Khaidir adalah seorang nabi utusan Allah yang diperintahkan untuk memberikan pengajaran kepada Nabi Musa as. Jadi yang kita ketahui tentang Nabi Khaidir kebanyakan hanya sebatas ceritanya pertemuan dan perjalanannya bersama Nabi Musa as. Tidak sedikit juga yang penasaran dan mencari tahu tentang Nabi Khaidir. Lalu, tahukan kita tentang silsilah Nabi Khaidir?

Dalam buku yang ditulis oleh Khalifi Elyas Bahar ini, dijelaskan silsilah Nabi Khaidir. Nama asli beliau adalah Balya Bin Balqan bin Flaakh bin Anbar bin Salakh bin Arfakhsyadz bin Sam bin Nuh As. bin Lamak bin Mutawasylikh bin Idris As. bin Yard bin Mahlail bin Qainan bin Yanasy bin Syits bin Adam As. Dalam riwayat lain juga disebutan bahwa, nama Nabi Khaidir yang sebenarnya adalah Talia bin Malik bin Abir bin Arfakhsyad bin Sam (atau Shem) bin Nuh.

Mengenai orantua Nabi Khaidir, dalam suatu keterangan dijelaskan bahwa Ayah beliau, Balkan adalah seorang raja di Persia. Sedangkan ibunya adalah Alha binti Faris. Ada juga yang menjelaskan dalam riwayat lain bahwa ibunya bernama Rumania.

Ibu Nabi Khaidir memiliki kesenangan mengembara, bahkan ketika ia hamil tua sekalipun. Dikala itu pula Nabi Khaidir akan lahir. Konon, Nabi Khaidir pun dilahirkan di sebuah gua yang terletak di atas sebuah bukit, yang jauh dari manusia dan sanak keluarga yang membantu proses kelahiran. Jelas betapa luar biasanya sosok ibu Nabi Khaidir dengan apa yang dilaluinya.

Tak lama setelah itu, musibah datang menimpa mereka. Sekelompok begundal dan penyamun datang ke gua tersebut sehingga memisahkan Nabi Khaidir dengan ibunya. Kabarnya ibu Nabi Khaidir terbunuh oleh kalangan penyamun tersebut.

Tak berapa lama terdengar kabar bahwa Nabi Khaidir yang masih bayi di selamatkan dan dipelihara oleh pengembala kambing. Hingga akhirnya Nabi Khaidir dewasa dan memutuskan untuk menemui ayahnya.

Ketika tinggal bersama sang ayah dan dirasa sudah cukup dewasa, Nabi Khaidir diminta utuk segera menikah yang sudah dipilih ayahnya bernama Fannah. Namun beliau tidak senang dengan keputusan ayahnya tersebut sehingga memutuskan untuk pergi meninggalkan ayahnya diam-diam. Padahal perempuan yang dimintai untuk dinikahinya tak lain adalah tukang sisir Fir’aun atau yang biasa dipanggih Siti Masyitah.

Itulah sekelumit tentang riwayat dan silsilah Nabi Khaidir. Terlepas dari benar tidaknya hal tersebut hanya Allah yang mengetahui segalanya. Yang jelas kisah Nabi Khaidir merupakan suatu spirit yang layak untuk diperhitungkan. Ketidakpastian sesuatu bukan berarti akhir untuk berhenti mengetahuinya, justru awal dari petualangan yang akan dilakukan untuk mencari kebenaran yang hakiki.


Masih penasaran dengan kisah Nabi Khaidir? Jangan lupa kunjungi blog ini untuk tahu kelanjutan cerita mengenai “Sosok Nabi Khaidir yang Super Misterius”, sebagai perluasan pengetahuan dan referensi mencari kebenaran yang sebanarnya tetang siapa sebenranya Nabi Khaidir? Mengapa Allah memerintahkan Nabi Isa untuk berguru kepadanya? Dan pertanyaan apakah Nabi Khaidir masih hidup. Wallahu "alam Bissawab.